Teknologi 5G: 10 Kelebihan dan Perbedaannya dengan 4G

Teknologi 5G: 10 Kelebihan dan Perbedaannya dengan 4G .  Sudah tidak terasa Perkembangan zaman begitu sangat cepat rasanya kita baru saja  merasakan Kecepatannya jaringanya 4G , tetapi sekarang teknologi sudah berkembang kembali menjadi 5G  . Yang telah kita rangkum dalam muine.org

AGEN 9 GAMING

Perkembangan dunia internet begitu pesat, salah satu yang hangat adalah teknologi 5G. Di mana ini merupakan terobosan baru generasi kelima yang dapat meningkatkan konektivitas dan transmisi data.

Jaringan 5G diklaim memiliki kecepatan unduhan akan berkali-kali lipat lebih cepat daripada kecepatan internet 4G. Peningkatan transmisi akan memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk konsumen perorangan, namun termasuk pada banyak segmen industri.

Tentunya, internet 5G akan banyak memberikan manfaat untuk banyak aspek dalam kehidupan di masa kini dan yang akan datang.

Perbedaan Teknologi 5G dan 4G

perbedaan teknologi 4g dan 5g
Sumber Gambar: @comparefibre

Perbedaan teknologi 4G dan 5G yang pertama terdapat pada kecepatan jaringannya. Jaringan 4G hanya memiliki kecepatan 49-50 Mbps sedangkan jaringan 5G memiliki jaringan 100x kali lebih cepat hingga 10 Gbps!

Perbedaan kedua terdapat pada latensi. Dalam teknologi 5G, latensi atau ultra-reliable, low-latency connection (URLLC) akan sangat berkurang pada jaringan 5G sejak informasi atau media dikirim dan diterima.

Hal ini membuat pengunduhan dalam jaringan 5G akan lebih cepat daripada 4G. Standar Latensi ini sudah rendah dengan adanya 4G, tetapi 5G akan membuat latensi hampir nol.

Kelebihan Teknologi 5G

kelebihan teknologi 5g
Sumber Gambar: Unsplash/@frederikli

Keunggulan teknologi 5G yang memiliki beragam manfaat untuk masa depan. Untuk kamu yang masih penasaran, simak 10 keunggulan berikut ini:

1. Latensi Lebih Rendah

Latensi merupakan jeda waktu yang dibutuhkan dalam penghantaran data dari pengirim ke penerima atau perangkat.

Semakin tinggi jeda waktu maka semakin lambat respons yang diberikan penerima atas perintah yang dikirim. Setiap generasi jaringan memiliki tujuan untuk mengurangi latensi.

Jaringan 5G memiliki latensi yang lebih rendah daripada 4G LTE, dengan transmisi yang sangat cepat yaitu kurang dari lima milidetik.

Latensi 5G akan lebih cepat daripada pemrosesan visual manusia, sehingga memungkinkan untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh hampir secara real-time.

Teknologi ini bermanfaat bagi banyak sektor pekerjaan, bisnis dan juga para gamer yang akan menikmati kecepatan tinggi dan kelambatan minimal sempurna untuk aplikasi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dengan koneksi yang mulus.

2. Koneksi Internet Lebih Cepat

Setiap generasi jaringan memiliki peningkatan yang signifikan termasuk jaringan 5G yang melampaui 4G LTE. Kecepatan jaringan 5G mengalami peningkatan hingga 100x dibandingkan sinyal 4G, yaitu hingga 10 Gbps.

Peningkatan kecepatan 5G dapat membuat aktivitas yang dilakukan akan berlangsung lebih cepat.

Mengunduh film resolusi tinggi pada kecepatan pengunduhan puncak akan berubah dari waktu tujuh menit menjadi hanya enam detik. Jaringan 5G merupakan alternatif yang kuat untuk koneksi broadband cepat.

3. Bisa Mengendalikan Drone

Jaringan 5G dapat mengendalikan drone yang bermanfaat di berbagai sektor pekerjaan, seperti pertanian, pemetaan, hingga militer.

Dengan jaringan 5G yang stabil, petani bisa memantau lahannya dari jarak jauh yang gambarnya dapat dilihat dengan video beresolusi tinggi.

4. Meningkatkan Teknologi VR

Teknologi VR akan semakin berkembang dengan adanya jaringan 5G. Koneksi lebih cepat dengan latensi yang rendah dapat memudahkan gamer untuk bermain game berbasis AR.

Bahkan, kamu akan disuguhkan dengan kualitas video terbaik dan lebih realistis tanpa harus mengalami lag.

5. Mobil Tanpa Pengemudi

Kemudahan transportasi menjadi salah satu bagian penting dalam perkembangan teknologi. Teknologi 5G dapat mengembangkan mobil tanpa pengemudi atau mobil otonom.

Berkat 5G, mobil otonom akan bergerak dengan kemampuan pemrosesan data yang banyak dan kecepatan yang cepat untuk meniru waktu refleks manusia.

Kemudahan ini juga memungkinkan pengendara mobil untuk berkomunikasi satu sama lain secara real time dan membaca sensor yang dibangun di sekitar kota, seperti lampu jalan hingga pom bensin.

6. Kecepatan Transmisi Jauh Lebih Baik

Kecepatan transmisi jaringan 5G mengalami peningkatan yang cukup baik. Kamu dapat menikmati kecepatan yang lebih tinggi saat mengakses file, program dan aplikasi remote secara langsung dan tanpa menunggu.

Dengan mengintensifkan penggunaan cloud, semua perangkat (ponsel, komputer dan lainnya) akan lebih sedikit bergantung pada memori internal dan pada akumulasi data.

Ini juga membuat kita tidak perlu memasang prosesor dalam jumlah besar pada beberapa objek karena komputasi dapat dilakukan di penyimpanan awan.

7. Operasi Jarak Jauh

Teknologi 5G memiliki kecepatan yang tinggi dengan latensinya yang rendah. Teknologi ini memungkinkan seorang ahli bedah untuk mengoperasi pasien di daerah terpencil atau pedesaan tanpa mengalami kekurangan layanan kesehatan.

Tim medis asal Cina berhasil melakukan operasi kistektomi atau pengangkatan kandung kemih jarak jauh pada pasien yang berlokasi 3.000 kilometer dengan bantuan robot bedah yang dikembangkan dengan teknologi 5G.

8. Menghubungkan Perangkat Lebih Banyak

Dengan jaringan 5G, jumlah perangkat yang dapat terhubung ke jaringan akan meningkat pesat hingga skala jutaan per kilometer persegi.

Semua perangkat yang terhubung akan memiliki akses ke koneksi instan ke internet, yang secara real time akan saling bertukar informasi.

Teknologi ini bisa menghubungkan seratus perangkat di rumah untuk mengirim dan menerima informasi secara real time juga menghubungkan ribuan perangkat yang terhubung di sebuah pabrik industri.

Jumlah perangkat yang lebih banyak akan mewujudkan kota pintar. Misalnya, dengan menempatkan sensor di berbagai titik dan objek di kota, sebagian besar wilayah dapat dipantau dengan mudah.

9. Cloud Gaming

Untuk kamu para gamers, jaringan 5G juga akan mendukung streaming game berbasis Cloud.

Dengan cloud gaming, kamu mengirimkan input kendali ke server, yang kemudian memproses aksinya, melakukan render, dan kemudian mengirimkan hasilnya berupa sebuah stream tampilan yang sudah dikompres untuk kembali ke perangkat kita.

Teknologi ini akan membuat kualitas gambar lebih baik, ponsel tidak cepat panas, dan baterai ponsel akan awet.

10. Peningkatan Kapasitas Internet

Jaringan 5G akan menghadirkan kapasitas hingga 1.000x lebih banyak daripada 4G!

Dengan kapasitas ratusan atau ribuan perangkat yang berkomunikasi secara mulus, aplikasi baru dan penggunaan jaringan untuk kota, pabrik, pertanian, sekolah, dan rumah akan berkembang.

Tambahan kapasitas jaringan 5G ini akan berdampak pada hampir semua orang di berbagai sektor.

Contohnya, teknologi ini memungkinkan ribuan sensor pada ratusan mesin berbeda menggunakan proses otomatis yang akan selesai tepat waktu.

nah itu lah  keunggulan dari 5G yang sudah rilis . Menurut kalian apakah nnti akan keluar menjadi 6G+ ? hmmm mimin sih sangat membanyakan untuk bagaimana cepat abisnya kuota mimin kalau sampai itu terjadi , semoga rangkuman ini dapat berguna untuk kalian semua dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang sudah mimin siapkan untuk kalian semua