Teknik Memasak dalam Bahasa Inggris

Teknik Memasak dalam Bahasa Inggris – Tahu nggak, apa bedanya: grill, roast, bake, broil, boil, simmer, braise, fry, dan cook? Buat yang suka masak resep kuliner Barat atau pecinta cooking show seperti Master Chef, Master of None, atau Chef’s Table. Yang telah kita rangkum dalam muine.org

kita sering bingung dengan berbagai istilah memasak yang digunakan (apalagi kalau nggak ada subtitle). Nah, setelah melakukan riset kecil, penulis mengkompilasikan sebuah cheat sheet sederhana tentang perbedaan masing-masing cara memasak biar kamu makin paham!

Teknik Memasak dalam Bahasa Inggris

1. Grill

Ternyata, Ini Beda 7 Teknik Memasak dalam Bahasa Inggris yang Sering Kita Dengar!The Grill House

Kita mulai dari yang paling umum. Grill berarti memasak sesuatu di atas api, tanpa bersentuhan langsung dengan apinya alias dibakar. Sesekali, makanan yang dibakar, dibalik agar matangnya merata. Biasanya, masakan itu diberi saus agar lebih meresap. Ayam bakar, sate, dan steak BBQ adalah contoh makanan yang biasanya di-grill.

2. Roast

Ternyata, Ini Beda 7 Teknik Memasak dalam Bahasa Inggris yang Sering Kita Dengar!NY Times

 

Roast merupakan teknik memanggang. Perlu bedakan dengan grill ya! Ingat, kalau sate itu bakar, bukan panggang.

Roast menggunakan gelombang panas untuk mematangkan makanan. Ada dua jenis roast yang biasanya digunakan. Pertama, roast dengan melakukan sear terlebih dahulu. Dalam memasak roast beef misalnya, potongan daging dimatangkan secara merata bagian luarnya, dengan sedikit minyak  panci (sear). Kemudian, masukkan ke dalam oven untuk panggang.

Cara kedua adalah meletakkan bahan makanan pada kaldu, dan memasaknya dalam oven. Biasanya, yang masak dengan teknik ini adalah sayuran keras seperti brokoli, wortel, kentang, dan daging putih seperti ayam dan salmon yang umumnya bungkus dengan alumunimum foil sebelum masukkan ke dalam oven.

Oh ya, kalau makanannya berbasis tepung dan tujuannya adalah pastri, maka sebutannya adalah bake, bukan roast!

3. Braise

Ternyata, Ini Beda 7 Teknik Memasak dalam Bahasa Inggris yang Sering Kita Dengar!chowstatic.com

 

Definisi Bahasa Indonesia yang paling dekat dengan kata braise mungkin adalah tumis. Sama-sama memasukkan bahan makanan pada minyak kemudian masak. Bedanya, makanan yang braise biasanya tutup dan biarkan matang/mendidih selama beberapa waktu agar bumbu dan minyak semakin meresap.

4. Broil

Konsep yang mirip-mirip dengan roastbroil adalah teknik memasak makanan (biasanya daging) dengan radiasi panas yang intensif dan cepat. Hasilnya, bagian luar menjadi krispi, dan bagian dalam yang masih lembut. Harap jangan salah paham bahwa broil adalah kombinasi dari kata boil (merebus) dan oil (minyak).

5. Fry dan Saute

Apa bedanya fry dan saute (baca: sa-taey)?

Pasti sudah banyak yang tahu kalau fry adalah menggoreng. Bedanya dengan sear terletak pada penggunaan minyaknya. Biasanya, penggunaan minyak lebih banyak dan menutupi hampir semua bagian makanan. Kalau minyaknya sangat banyak hingga bisa menutupi keseluruhan makanan, maka sebutannya adalah deep-fry.

Sementara, saute adalah memasak dengan panas yang tinggi serta minyak yang sedikit dalam sekejap. Biasanya, saute lakukan dengan menunggu panci menjadi sangat panas, hingga minyak yang masukkan langsung mendidih. Kemudian setelah makanan masukkan, panci goyang dan makanan balik-balikkan secara konstan. Prosesnya tidak selama menggoreng, dan cenderung sebentar saja, berkat panas yang tinggi langsung sebarkan dengan proses menggoyang.

Jadi, sebenarnya mas-mas nasi goreng tidak ‘menggoreng’ nasinya, namun ia nge-saute nasi, bawang, minyak, kecap, daging, dan telurnya. Aduh, jadi laper!