Destinasi Wisata Religi di Bulan Ramadan

Destinasi Wisata Religi di Bulan Ramadan – Bulan suci Ramadan tak hanya jadi momen untuk menunaikan ibadah puasa namun juga berbagai tradisi khas lainnya. Salah satu kegiatan yang kerap dilakukan pada saat Ramadan adalah menyusuri berbagai destinasi wisata religi. Selain bisa mengisi waktu ngabuburit, destinasi wisata religi Ramadan berikut juga bisa sekaligus menjadi tempat menunaikan ibadah di bulan Ramadan. Yang telah kita rangkum dalam muine.org

Penasaran destinasi wisata religi bulan Ramadan apa saja yang populer di Indonesia? Cek beberapa rekomendasi destinasi wisata religi yang selalu ramai dikunjungi ketika bulan Ramadan tiba berikut:

Destinasi Wisata Religi Bulan Ramadan
1. Masjid Agung Demak

Lokasi: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59511

Masjid Agung Demak | Sumber gambar: Wikipedia

Masjid Agung Demak merupakan salah satu tempat ibadah tertua dan juga bersejarah yang ada di Indonesia. Destinasi wisata religi Ramadan satu ini dipercaya sebagai salah satu tempat berkumpulnya Walisongo yang berperan dalam penyebaran ajaran Islam di Nusantara. Masjid yang dibangun oleh Raden Patah yang merupakan Sultan pertama dari Kesultanan Demak pada abad ke-15.

2. Makam Sunan Ampel

Lokasi: Jl. Petukangan I, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151

Masjid Sunan Ampel | Sumber gambar: Wikipedia

Surabaya juga memiliki destinasi wisata religi yang cukup ramai dikunjungi memasuki bulan suci Ramadan, yakni makam sunan Ampel yang berada di lokasi yang sama dengan Masjid Sunan Ampel. Tak hanya berwisata religi Ramadan dan ziarah, pengunjung yang datang ke destinasi wisata religi Ramadan ini juga kerap menjadi tujuan wisata belanja perlengkapan ibadah dan pakaian muslim.

3. Masjid Terapung di Makassar

Lokasi: Jalan Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112

Masjid Amirul Mukminin | Sumber gambar: Flickr

Makassar juga memiliki destinasi wisata religi yang populer ketika Ramadan tiba, yakni Masjid Terapung Amirul Mukminin. Tak cuma bisa beribadah sekaligus mengagumi keindahan arsitektur dari masjid unik ini, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai Losari yang terkenal di Makassar.

4. Masjid Istiqlal di Jakarta

Lokasi: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar tak hanya Indonesia melainkan juga Asia Tenggara. Menjadi salah satu landmark di Jakarta, Masjid Istiqlal juga menjadi  yang populer, apalagi ketika memasuki bulan Ramadan. Bahkan, untuk kamu yang non-muslim, terdapat beberapa bagian yang bisa akses bersama pemandu khusus yang bisa kamu jelajahi untuk mengenal dan mempelajari salah satu destinasi wisata religi Ramadan yang ikonik ini.

5. Kampung Ramadan Kauman di Yogyakarta

Lokasi: Gg. Pasar Tiban, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Untuk kamu yang berada di Yogyakarta, Kampung Ramadan bisa jadi salah satu destinasi wisata unik yang bisa kamu jelajahi saat Ramadan tiba. Memiliki nama asli Kampung Kauman, kawasan ini memiliki nuansa Islami yang kenal dan merupakan tempat lahirnya tokoh ulama besar di Indonesia, yakni Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Memasuki bulan Ramadan, kampung ini menjadi sangat ramai dikunjungi karena kampung Kauman berubah menjadi senra takjil yang sudah sangat populer.