Cara Bermain Sepatu Roda

Cara Bermain Sepatu Roda.Roller skate atau sepatu roda dan rollerblade dapat menjadi sebuah aktivitas bersantai yang seru, latihan yang luar biasa, olahraga lomba ataupun sebagai alat transportasi. Setelah Anda mengetahui cara berdiri dengan benar, cara meluncur dan berhenti, Anda akan ketagihan untuk memainkannya. Baca langkah-langkah di bawah ini untuk keterangan lebih lanjut cara bermain sepatu roda. yang telah kita rangkum dalam Muine

Disupport oleh Daftar IDN Poker

Kenakan peralatannya.

Satu-satunya peralatan yang harus Anda miliki untuk bermain sepatu roda adalah sepatu roda itu sendiri. Anda dapat membelinya di toko olahraga atau menyewanya dari arena sepatu roda. Ukuran sepatu roda biasanya sama seperti sepatu biasa. Selain itu, peralatan tambahan yang dibutuhkan antara lain:

  • Helm. Jika baru pertama kali bermain sepatu roda, mengenakan helm akan membuat Anda lebih nyaman. Setiap orang akan jatuh beberapa kali pada awalnya, dan memakai helm akan melindungi kepala dari cedera.
  • Bantalan pergelangan tangan dan lutut. Tangan dan kaki Anda akan sering terkena lantai saat bermain. Jika Anda khawatir akan lecet, lindungi diri dengan memakai bantalan pergelangan tangan dan lutut.

Atur posisi tubuh Anda.

Buka kaki Anda selebar bahu, tekuk sedikit lutut hingga posisi Anda seperti berjongkok. Rendahkan bokong ke tanah dan bersandar sedikit ke depan dalam posisi jongkok yang nyaman. Kunci bermain sepatu roda adalah keseimbangan, dan sikap ini akan mencegah Anda terguling.

  • Saat pertama kali berada di arena Anda akan merasa tidak memiliki kendali pada sepatu. Anda mungkin kehilangan keseimbangan dan jatuh beberapa kali sebelum merasa nyaman berdiri di tempat. Ini benar-benar normal; terus latih postur tubuh sampai Anda menguasainya.
  • Sulit untuk berdiri diam saat memakai sepatu roda. Setelah Anda menguasainya, berlatihlah memperbaiki postur tubuh dengan sedikit menggerakkan sepatu untuk membantu Anda menjaga keseimbangan. Pikirkan seperti ini: jika Anda berdiri diam tanpa sepatu roda dan seseorang memberi Anda dorongan ringan, Anda akan menggerakkan kaki Anda agar kembali seimbang. Hal ini berlaku saat Anda memakai sepatu roda, hanya saja roda pada sepatu dan tekanan dari otot-otot Anda sendirilah yang memberikan Anda “dorongan”.

Berjalanlah seperti bebek.

Menggunakan tumit bersama-sama dan jari-jari kaki menekan, mulai berjalan perlahan-lahan ke depan, pertama ke kanan, kemudian ke kiri, lalu ke kanan, dan seterusnya. Tetap dalam posisi jongkok dan jaga tumit tepat di bawah tubuh sehingga Anda dapat lebih mudah menjaga keseimbangan.

  • Terus berlatih hingga Anda merasa nyaman “berjalan” di atas sepatu roda. Jangan menyerah jika Anda terjatuh. Ingat untuk selalu memusatkan keseimbangan tubuh pada tumit dan tetap dalam posisi berjongkok.
  • Setelah Anda merasa percaya diri, mulailah bergerak lebih cepat dan ambil langkah lebih panjang. Dorong lebih keras pada roda sehingga Anda melaju lebih jauh pada setiap langkahnya.

Pelajari cara meluncur.

Perpanjang setiap langkah yang Anda ambil dengan membiarkan diri Anda melaju untuk sementara. Dorong dengan satu kaki dan meluncurlah dengan kaki yang lain sampai Anda kehilangan momentum, lalu ubah kaki meluncur Anda. Sementara Anda meluncur pada satu kaki, jaga kaki yang lain di atas lantai sehingga tidak menghambat Anda meluncur.

  • Berlatihlah berbelok pada saat meluncur. Jika Anda ingin berbelok ke kanan, miringkan tubuh ke kanan, begitu juga sebaliknya saat akan berbelok ke kiri. Pastikan tubuh tetap dalam posisi berjongkok.
  • Meluncur lebih cepat. Gerakkan kaki Anda lebih cepat dan dapatkan momentum dengan menempatkan tekanan pada roda dan mendorong diri Anda ke depan. Berlatihlah menggunakan berat badan untuk membantu Anda mendapatkan kecepatan dengan bersandar ke langkah Anda. Gunakan lengan untuk membantu Anda menjaga keseimbangan dan mendapatkan kecepatan dengan menekuk siku dan memindahkannya bolak-balik seperti yang Anda lakukan saat berjalan.

Pelajari cara berhenti.

Sepatu roda sebelah kanan memiliki rem di bagian tumit. Untuk berhenti, meluncurlah dengan sepatu berada sejajar satu sama lain. Tetap dalam posisi jongkok dan bersandar sedikit ke depan. Tempatkan sepatu roda sebelah kanan sedikit di depan sepatu kiri, angkat kaki dari sepatu roda sebelah kanan, lalu tekan keras pada tumit. Semakin keras Anda menekan tumit, maka akan semakin cepat pula Anda akan berhenti.[3]

  • Pastikan Anda menekan rem dengan tegas tanpa ragu-ragu, karena Anda akan hilang keseimbangan jika ragu-ragu saat menekan tumit.
  • Jika awalnya Anda merasa sulit untuk memberi tekanan yang cukup, gunakan tangan Anda untuk menekan ke bawah pada lutut kanan untuk membantu mengerahkan kekuatan yang cukup untuk berhenti.