Cabang Olahraga Atletik Terpopuler

Cabang Olahraga Atletik Terpopuler – Olahraga tak hanya menjadi aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuh saja. Olahraga juga sering dijadikan pertandingan kompetitif yang sangat seru untuk ditonton. Tak heran jika ada banyak sekali event olahraga yang diselenggarakan baik dalam skala nasional hingga internasional, mulai dari piala dunia sepak bola hingga Olimpiade. Yang telah kita rangkum dalam muine.org

 

Berbicara soal pertandingan olahraga, sepak bola dan basket atau olahraga MMA yang kini tengah populer mungkin lebih banyak menjadi pilihan favorit pecinta olahraga untuk ditonton. Namun, ternyata masih ada banyak cabang olahraga lainnya yang kerap dipertandingkan dan tak kalah seru untuk disaksikan, lho, yakni cabang olahraga atletik.

Lalu, olahraga apa saja yang termasuk olahraga atletik? Berikut daftar cabang olahraga atletik terpopuler!

Cabang Olahraga Atletik

1. Lompat Tinggi

Cabang Olahraga Atletik
Sumber gambar: Olympic Org

Cabang olahraga atletik yang pertama adalah lompat tinggi yang sudah sering dipertandingkan dalam event-event olahraga dunia. Sesuai dengan namanya, pada cabang olahraga atletik ini, atlet lompat tinggi harus melompati palang tinggi dan harus berhasil mendarat dengan sempurna.

2. Lompat Jauh

Cabang Olahraga Atletik
Sumber gambar: SindoNews

Selain lompat tinggi, cabang olahraga lompat lainnya adalah lompat jauh dimana yang diukur pada olahraga atletik satu ini adalah jauhnya jarak pendaratan oleh atlet yang melompat.

3. Lompat Galah

Cabang Olahraga Atletik
Sumber gambar: RadarBogor

Berbeda dengan olahraga lompat tinggi, meskipun sama-sama mengharuskan atlet untuk melompat tinggi melewati palang, pada cabang olahraga lompat galah, teknik melompat jauh berbeda dimana atlet harus menggunakan galah sebagai alat bantu untuk melompat.

4. Lari Jarak Pendek

Cabang Olahraga Atletik
Sumber gambar: Penjasorkes

Salah satu cabang olahraga atletik paling umum adalah lari. Namun, olahraga lari sendiri terbagi menjadi beberapa cabang, salah satunya adalah lari jarak pendek.

Sesuai dengan namanya, lari jarak pendek memiliki lintasan lari yang pendek. Nomor lari yang terdapat pada cabang olahraga atletik satu ini antara lain 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

5. Lari Jarak Jauh

Cabang olahraga lari lainnya selain lari jarak pendek adalah lari jarak jaug yang kenal juga dengan nama marathon. Lintasan lari pada olahraga atletik ini jauh lebih panjang, yakni 3000 meter, 5000 meter, 10.000 meter, dan lebih.

6. Lari Estafet

Cabang Olahraga Atletik
Sumber gambar: TheMoonDoggies

Memiliki panjang lintasan yang menyerupai lintasan marathon, yang membedakan cabang olahraga lari estafet dan lari marathon adalah lari pada olahraga estafet lakukan bergantian dan sambung menyambung menggunakan tongkat oleh empat orang atlet lari yang berbeda.

7. Jalan Cepat

Cabang Olahraga Atletik
Sumber gambar: Jawa Pos

Tak cuma lari, jalan cepat juga pertandingkan pada acara-acara olahraga. Meskipun terdengar sederhana, teknik jalan cepat tak semudah kelihatannya dimana langkah kaki atlet harus tidak boleh teputus dari area tanah. Jadi, setiap langkah selanjutnya baru boleh diangkat ketikan langkah sebelumnya telah menyentuh tanah.

8. Tolak Peluru

Sumber gambar: Berolahraga

Tolak peluru adalah cabang olahraga atletik selanjutnya mana atlet harus melakukan tolakan peluru. Bola atau peluru yang gunakan juga memiliki berat beragam tergantung nomor olahraga tolak peluru yang pertandingkan. Tujuan dari olahraha ini adalah menolak peluru sejauh mungkin dengan teknik yang benar.

9. Lempar Lembing

Cabang Olahraga Atletik
Sumber gambar: GATRA

Cabang olahraga atletik selanjutnya adalah lempar lembing yang juga sering pertandingkan  event-event olahraga dunia. Termasuk salah satu cabang olahraga yang populer, tujuan dari olahraga lempar lembing adalah melemparkan lembing sejauh mungkin dengan teknik yang benar.

10. Lempar Cakram

Cabang Olahraga Atletik
Sumber gambar: Antara

Meskipun sama-sama lempar, cabang olahraga atletik lempar cakram memiliki teknik melempar yang berbeda serta obyek lempat yang berbeda, yakni berupa cakram. Sebelum melakukan lemparan, atlet akan melakukan putaran sebanyak dua kali sebelum melemparkan cakram sejauh mungkin.