Deretan Robot Canggih Dengan Fitur Istimewa & Terinspirasi Dari Hewan

Deretan Robot Canggih Dengan Fitur Istimewa & Terinspirasi Dari Hewan

Deretan Robot Canggih Dengan Fitur Istimewa & Terinspirasi Dari Hewan – Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu.

Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Setiap makhluk hidup memiliki keistimewaannya masing-masing. Begitu pula hewan, yang masing-masing memiliki fitur istimewa.

Dan, itulah mengapa banyak universitas dan perusahaan mendapatkan inspirasi dari dunia hewan untuk membuat robot. Beberapa fitur istimewa hewan menjadi inspirasi untuk membuat robot dengan kemampuan sangat mengesankan, yang mampu melakukan hal-hal menakjubkan.

1. CRAM

Cockroach inspires robot that squishes down to crawl through cracks and  crevices

Kecoak dikenal memiliki sifat tahan banting dan mampu menghilang di celah-celah yang tampaknya terlalu kecil untuk mereka. Para peneliti di UC Berkeley melihat bahwa kemampuan ini sangat berguna untuk misi pencarian dan penyelamatan, sehingga mereka mulai melakukan eksperimen untuk mengetahui rahasia serangga ini.

Para peneliti menemukan bahwa kecoak dapat masuk ke celah yang tingginya seperlima dari tinggi kecoak saat berdiri normal dengan merentangkan kaki mereka ke samping tanpa memperlambat diri secara signifikan. Jadi, para peneliti membuat robot seukuran telapak tangan dengan cangkang plastik bersambung yang bisa melakukan hal yang sama untuk masuk ke celah-celah yang memiliki ukuran setengah dari ketinggian normalnya.

2. Modular Snake Robot

18: Modular Snake Robot. Taken from [28]. | Download Scientific Diagram

Tim robotika dari Carnegie Mellon University berencana membuat robot untuk membantu pekerja Palang Merah Meksiko mencari korban selamat di antara bangunan yang runtuh setelah gempa berkekuatan 7,1 yang melanda Mexico City. Diameter tubuh ular yang kecil dan kemampuan mereka untuk bergerak ke hampir semua arah membuat anggota tim terinspirasi untuk membuat robot yang dapat mengakses ruang sempit.

Robot ular ini memiliki kamera di bagian depan yang membantu manusia mengetahui apa yang ada di reruntuhan. Namun, ke depannya para peneliti akan menambahkan mikrofon untuk mendengarkan orang-orang yang terperangkap di bawah reruntuhan.

3. FastRunner

Fast Runner Robot

Para peneliti dari Florida Institute for Human and Machine Cognition membuat robot yang mekanismenya terinspirasi dari burung unta. Robot burung unta ini mampu menghindari sensor dan mendukung desain self-balancing yang hanya memerlukan motor pengontrol radio mobil RC. Robot ini bahkan mampu memperlambat atau mempercepat langkah sesuai kebutuhan.

Ke depannya, robot ini dapat menginspirasi penciptaan robot sprinter berkaki dua atau berkaki empat yang mampu menghadapi berbagai medan, tanpa harus menghentikan langkahnya. Ini memungkinkan robot untuk diakses di seluruh permukaan planet ini, yang mana hal ini tidak dapat dilakukan oleh kendaraan beroda.

4. Robobirds Clear Flight Solutions

Opinion | Where Birds and Planes Collide, a Winged Robot May Help - The New  York Times

Robobirds Clear Flight Solutions adalah robot yang terinspirasi dari elang yang sengaja di rancang untuk terlihat sangat mirip seperti aslinya. Nantinya, robot ini akan di terbangkan mengitari bandara dan pesawat agar burung asli yang merupakan mangsa elang tidak terbang di jalur penerbangan pesawat.

Bukan hanya bentuknya, cara terbang robobirds juga mirip seperti burung sungguhan. Dengan begitu, robobirds tidak dapat di bedakan dari burung asli. Burung secara naluriah bereaksi terhadap keberadaan burung pemangsa, sehingga mereka tidak akan datang ke daerah itu lagi.

5. Flex Robotic System

Flex Robotic System Nabs Best-In-Show Award - Medical Design and Outsourcing

Sebelumnya, tim dari Carnegie Mellon University membuat robot yang terinspirasi dari ular untuk membantu evakuasi korban di reruntuhan bangunan. Medrobotics juga membuat robot ular yang digunakan untuk membantu operasi. Robot ini adalah Flex Robotic System, yang memungkinkan dokter menjangkau jauh ke dalam tubuh dengan risiko minimal.

Robot ini dipasangi mata yang membantu ahli bedah menavigasi dan melihat bagian dalam tubuh pasien dengan jelas. Flex sangat ideal untuk menjelajahi jalur non-linier atau melingkar seperti usus besar, yang sulit dilakukan oleh endoskopi tradisional. Flex juga dapat masuk melalui mulut, memungkinkan dokter untuk mencapai area tubuh yang sulit diakses, seperti laring dan pita suara.

6. Robotic Octopus’s Garden

Octopus-Inspired Robots Can Grasp, Crawl, and Swim - YouTube

Beberapa ahli dari Hebrew University of Jerusalem bersama-sama menciptakan robot bertubuh lunak pertama yang terinspirasi dari gurita. Robot ini menggunakan karet silikon lembut sebagai otot yang meniru cara gurita menggerakkan tentakelnya, memanjangkan, dan meregangkannya sesuai kebutuhan.

Robot mirip gurita ini diciptakan untuk menjelajahi sudut dan celah di dasar laut atau membantu dalam misi pencarian dan penyelamatan. Dengan begitu, misi pencarian akan lebih mudah, aman, dan efektif karena dibantu oleh robot.

7. SlothBot

Georgia Tech - Georgia Tech deploys SlothBot in Atlanta Botanical Garden |  Facebook

Salah satu hal yang khas dalam diri kungkang adalah gerakannya yang sangat lambat. Nah, gerakan kungkang yang lambat ini ternyata menginspirasi para peneliti dari Georgia Institute of Technology untuk menciptakan robot pertanian hemat energi yang mampu menggantung dari kabel tinggi untuk memantau tanaman dari atas.

Robot ini sengaja di ciptakan karena robot pengamat lain, seperti robot beroda dan robot terbang rentan macet dan hanya memiliki waktu terbang yang singkat. Jadi, para peneliti mengembangkan robot yang di sebut SlothBot, yang dapat melintasi kabel yang di tinggikan di atas barisan tanaman. Robot ini juga memiliki sensor yang memungkinkannya memantau seluruh bidang menggunakan sensor yang di pasang di antara lengan.

Robot biasanya di gunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri di gunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari dan tolong” (search and rescue), dan untuk pencarian tambang.

Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput. Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah di pahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.