Beberapa Emulator Android Terbaik yang Cocok Untuk Komputer

Beberapa Emulator Android Terbaik yang Cocok Untuk Komputer

Beberapa Emulator Android Terbaik yang Cocok Untuk Komputer – Emulator atau lebih tepatnya peranti lunak emulator memungkinkan suatu program atau peranti lunak yang dibuat pada awalnya oleh suatu sistem komputer.

Dan untuk dijalankan dalam sistem itu, dapat dijalankan dalam sistem komputer yang sama sekali berbeda. Ada banyak alasan yang mendasari seseorang menginginkan emulator Android di komputer mereka.

Salah satunya adalah untuk bisa bermain game yang hanya terdapat di smartphone. Di balik semua alasan itu, ternyata terdapat banyak opsi aplikasi emulator yang dapat kamu gunakan.

1. BlueStacks
8 Emulator Android Terbaik untuk PC, Main HP di Komputer

BlueStacks dikenal sebagai emulator Android paling komprehensif. Ia dapat dipakai di komputer Windows maupun Mac. Selain itu, ada banyak fitur di dalamnya guna meningkatkan pengalaman bermain game.

Salah satu fitur terkenalnya adalah Instance Manager yang memungkinkanmu menjalankan beberapa aplikasi atau game secara bersamaan.

2. LD Player
8 Emulator Android Terbaik untuk PC, Main HP di Komputer

Kalau kamu menginginkan aplikasi ringan agar tidak melambatkan komputer atau laptopmu, maka LD Player adalah jawabannya. Emulator ini ringan dan punya fitur yang mendukungmu untuk bermain game.

Tak hanya itu, ia juga bisa menjalankan banyak jenis game. Mulai dari Epic Seven, Clash of Clans, dan banyak lagi.

3. Android Studio Emulator

Run the Emulator directly in Android StudioDengan embel-embel studio, aplikasi ini jelasnya dapat membantumu membuat aplikasi atau mobile game. Itu dikarenakan pada Android Studio Emulator, terdapat fitur yang bisa membuatmu cek kelayakan game atau aplikasi.

Dari sini, tidak mengagetkan bila pengaturan Android Studio Emulator cukup sulit untuk dimengerti. Oleh karena itu, aplikasi ini lebih cocok bagi mereka para programi.

4. GameLoop
8 Emulator Android Terbaik untuk PC, Main HP di Komputer

Aplikasi ini dulunya bernama Tencent Gaming Buddy. Sebagai emulator gratis, perusahaan game Tencent sempat menganggap GameLoop sebagai emulator resmi dari berbagai game resmi Tencent, seperti Call of Duty: Mobile dan PUBG Mobile. GameLoop kurang cocok digunakan untuk produktivitas dan pengembangan aplikasi. Ia lebih cocok dipakai untuk bermain game.

5. MuMu
8 Emulator Android Terbaik untuk PC, Main HP di Komputer

Pengembang aplikasi ini bernama NetEase. MuMu merupakan produk emulator Android yang berjalan sangat baik. Masih menggunakan Android 6.0, MuMu masih mampu menjalankan sebagai besar mobile game yang saat ini tersedia. Aplikasi ini cocok sebagai pilihan alternatif jika BlueStacks dan emulator lainnya tidak dapat dijalankan di komputermu.

6. Nox
8 Emulator Android Terbaik untuk PC, Main HP di Komputer

Nox adalah emulator Android lainnya yang di fokuskan untuk bermain game. Pada Nox memiliki fitur key-mapping hingga dukungan controller serta pengaturan gesture.

Ini menjadikan fungsi semacam geser kanan yang terdapat pada HP dapat di alihkan menjadi klik kiri pada mouse. Emulator ini gratis, membuatnya jadi menyenangkan untuk di pakai.

7. Phoenix OS
8 Emulator Android Terbaik untuk PC, Main HP di Komputer

Phoenix OS merupakan salah satu emulator Android terbaru yang ada. Aplikasi ini tak hanya meningkatkan pengalaman penggunanya dalam bermain game Android, tetapi juga bisa di pakai untuk produktivitas pula.

Menjalankan Android 7.1, Phoenix OS menyediakan Google Play Store di dalamnya. Itu berarti kamu bisa mengunduh beragam aplikasi melalui emulator ini.

8. ARChon
8 Emulator Android Terbaik untuk PC, Main HP di Komputer

Emulator ini terbilang unik. Ketimbang meng-install-nya di komputermu secara langsung, ARChon malah perlu di install terlebih dahulu di Google Chrome sebagai extension. Hasilnya, Chrome-mu akan mampu menjalankan aplikasi dan game Android.

Tidak mudah untuk menjalankan ARChon karena kamu perlu mengatur sana-sini. Akan tetapi, sisi baiknya adalah emulator ini bisa di pakai dalam sistem operasi apa pun yang dapat menjalankan Chrome. Mulai dari Windows, macOS, hingga Linux.

Itulah rekomendasi emulator Android untuk komputermu. Untuk yang paling umum, kamu bisa menggunakan Bluestacks mengingat sudah banyak penilaian baik untuk emulator  tersebut. Akan tetapi, bila yang kamu butuhkan adalah untuk keperluan mengetes aplikasi yang kamu buat, cobalah Android Studio Emulator.

Sebagai contoh suatu program Windows dapat di jalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan peranti lunak emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam komputer, misalnya VMware.

Contoh lain adalah program-program emulator untuk menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa di jalankan pada konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan lain-lain.